Dalam pengiriman data dalam jaringan terdapat 4 generasi utama yaitu 1G, 2G, 3G, dan 4G.

  1. Generasi pertama (1G) : merupakan teknologi ponsel pertama yang menggunakan sistem analog, seperti AMPS.Advanced Mobile Phone System (AMPS).
  2. Generasi kedua (2G) : menggunakan mekanisme Time Division Multiple Access (TDMA) dan Code Division Multiple Access ( CDMA) dalam teknik komunikasinya serta menggunakan teknologi digital. suara lebih jernih, data lebih aman, dan kapasitasnya lebih besar dibandingkan dengan 1G. contohnya Handphone keluaran lama.
  3. Generasi 2.5 (2.5G) : munculnya General Packet Radio Service (GPRS) sehingga memungkinkan pengguna untuk terhubung pada internet dimana saja dan kapan saja dengan biaya yang lebih murah karena perhitungannya menjadi per kilobyte bukan lagi permenit seperti CSD.
  4. Generasi 2.75 (2.75G) : munculnya EDGE (Enhanced Data for Global Evolution) yang sama seperti GPRS tetapi kecepatan transfer datanya lebih cepat dan besar.
  5. Generasi ketiga (3G) : munculnya Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang sama seperti EDGE tetapi kecepatan transfer datanya lebih cepat dan besar.
  6. Generasi 3.5 (3.5G) : munculnya High Speed Packet Access (HSPA) yang sama seperti UMTS tetapi kecepatan transfer datanya lebih cepat dan besar.
  7. Generasi keempat (4G) : 4G adalah generasi terbaru saat ini. Keunggulan generasi 4G adalah mendukung service multimedia Interaktif, telekonfrensi, Wireless Intenet, bandwidth yang lebar, bit rates lebih besar dari 3G, global mobility, Service Portability, Low-cost service, dan skalabilitas untuk jaringan mobile. munculnya Long Term Evolution (LTE) yang sama seperti HSPA tetapi kecepatan transfer datanya lebih cepat dan besar.