Image

Internet merupakan hal yang tidak asing lagi bagi para anak muda jaman sekarang maupun orang dewasa sekalipun. Namun, masih banyak orang yang mengabaikan etika dalam berinternet dan berjejaring sosial seperti plagiat, menyinggung SARA, berkata yang tidak sepantasnya, dll. Malah hal tersebut menjadi suatu kebiasaan bagi anak muda jaman sekarang yang terikat dengan game online sampai lupa waktu. Didikan dan bimbingan orang tua sangat diperlukan untuk mengatasi hal seperti ini.

Berikut ini mungkin etika dalam berinternet.

  1. Jangan melakukan Plagiat.
    Plagiat merupakan tindakan yang meniru (meng-copy), lebih besar dari 30% kesamaan, tanpa disertai sumber yang asli. Dengan tidak melakukan plagiat, kita menghargai hasil/karya orang lain. Anda tidak dikatakan plagiat, jika anda hanya mengutip dan menyertakan sumber asli yang jelas.
  2. Jangan Menyinggung SARA.
    SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan) merupakan suatu hal yang sensitif bagi sebagian atau bahkan banyak orang.
  3. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
    Dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar, kita membantu orang yang membaca tulisan kita mengerti dan mudah dibaca. Memang saat ini masih banyak orang yang memakai bahasa “Alay” atau berlebihan, sehingga orang yang normal malas untuk membaca tulisan tersebut.
  4. Jangan berkata yang tidak sepantasnya.
    Jika anda berkata yang tidak pantas, Anda mungkin akan di-banned atau di-kick dalam suatu forum. Banned atau Kick adalah suatu perlakuan pemaksaan oleh admin/host kepada user untuk keluar dari forum.

Berikut adalah etika dalam jejaring sosial.

  1. Social Network
    contoh dari Social Network yaitu facebook dan twitter. Hal yang perlu diperhatikan dalam ber-Social Network adalah jangan terlalu sering update status apalagi jika status tersebut negatif, jangan menggunakan bahasa yang “alay”, isilah data pribadi anda secara benar, dan jika ada data yang sangat pribadi sebaiknya jangan dipublikasikan.
  2. E-mail
    Contohnya yaitu yahoo dan gmail. Hal yang perlu diperhatikan adalah subjek E-mail tersebut harus benar demi kemudahan bagi penerima, content didalamnya usahakan dengan kata-kata yang baik dan sopan, dan pastikan E-mail anda tidak menjadi spam.
  3. Milis (Mailing List)
    Hal yang perlu diperhatikan dalam Milis adalah jangan “one liner” dan tidak dianjurkan mengirim attachment agar lebih efisien. jika sangat dibutuhkan kita dapat menaruhnya pada google docs atau semacamnya, kemudian membagikan website dari google docs tersebut di Milis.

Demikian hal yang dapat saya bagikan untuk saat ini. Terima kasih🙂

TUGAS RANGKUMAN PTIK GASAL 2012 KELAS 6